Senin, 16 Desember 2019
Home/ Berita/ Pemuda Muhammadiyah Teken MoU Garap Perdamaian Antar Agama di Akar Rumput

Pemuda Muhammadiyah Teken MoU Garap Perdamaian Antar Agama di Akar Rumput

MUHAMMADIYAH.ID, JAKARTA – Pimpinan Pusat Pemuda Muhammadiyah menandatangani Nota Kesepahaman (MoU) program “1000 Abrahamic Circles” bersama Foreign Policy Community of Indonesia (FPCI), Rabu (20/11).
 
Bertempat di Aula Gedung Pusat Dakwah Muhammadiyah Jakarta, tanda tangan dilakukan oleh ketua sekaligus pendiri FPCI Dino Patti Djalal dan Ketua Umum PP Pemuda Muhammadiyah Sunanto.
 
Berkantor pusat di Indonesia, “1000 Abrahamic Circles”  adalah program jangka panjang yang dimaksudkan untuk merapatkan hubungan umat agama-agama samawi (Abrahamik), yakni Yahudi, Kristen dan Islam secara global.
 
Dino Patti Djalal mengungkapkan program tersebut berusaha membangun kebersamaan dan persahabatan di kalangan akar rumput agama Abrahamik. Dino percaya eksekusi program di akar rumput lebih efektif daripada upacara seremonial di kalangan elit.
 
Secara teknis, setiap satu dari 1000 lingkaran forum (circle) terdiri dari tokoh perwakilan masing-masing agama yang akan saling bergantian berkunjung ke pusat komunitas agama lain selama satu pekan untuk melihat dan mengenal agama lain dari dekat. 
 
Setelah tiga perwakilan selesai bergantian saling mengenal, pada pekan keempat ketiga perwakilan tersebut merumuskan bersama berbagai program perdamaian yang mungkin untuk dilakukan di komunitas agamanya masing-masing. (afandi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *