Senin, 16 Desember 2019
Home/ Berita/ Proses Kreatif Haedar Nashir Jadinya Lirik Lagu Muktamar 48

Proses Kreatif Haedar Nashir Jadinya Lirik Lagu Muktamar 48

MUHAMMADIYAH.ID, YOGYAKARTA – Salah satu rangkaian dari resepsi Milad Muhammadiyah ke 107 dan Grand Launching Muktamar ke 48 yang digelar pada Senin (18/11) yakni diluncurkannya theme song Muktamar Muhammadiyah-Aisyiyah ke 48 yang berjudul ‘Derap Berkemajuan’.

Lagu yang ditulis langsung oleh Ketua Umum Pimpinan Pusat Muhammadiyah, Haedar Nashir ini di arransemen oleh Erros, Gitaris Sheila On 7.

Haedar mengatakan, lirik lagu yang ditulisnya berdasar dari perenungan tentang spirit, pikiran, jiwa dan konteks Muhammadiyah saat ini untuk menjadi koridor dan alam pikiran para muktamirin dan warga Muhammadiyah.

Semangatnya, kata Haedar, Muhammadiyah yang dinamis, berkemajuan, mencerahkan, tapi juga memberi nilai-nilai rohani yang kokoh. Sekaligus, membawa Indonesia maju dan mencerahkan semesta.

Haedar juga mengatakan bahwa lagu ini dinilai sesuai semangat Muktamar ke-48 Muhammadiyah yang mengusung tema "Memajukan Indonesia, Mencerahkan Semesta".

Haedar berkeinginan lagu ini dapat menyampaikan pesan-pesan tersebut. Sekaligus, memberi pesan-pesan moral, spiritual dan intelektual yang tinggi tentang kebersamaan menjadi kekuatan membawa umat unggul.

"Seperti di reffnya lagu itu, di Solo jalin ukhuwah, muktamar satukan langkah, bersama majukan Indonesia, bersama cerahkan semesta, Sang Surya suluh peradaban," ujar Haedar.

Menurut Haedar, lirik itu diciptakan selama sekitar satu hari satu malam. Setelah itu, lirik mengalami perubahan-perubahan sebelum akhirnya lirik benar-benar diserahkan ke Erros.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *