Sabtu, 24 Agustus 2019
Home/ Berita/ UMP Ajak Mahasiswa Asing Belajar Perah Sapi

UMP Ajak Mahasiswa Asing Belajar Perah Sapi

PURWOKERTO, MUHAMMADIYAH.OR.ID  Universitas Muhammadiyah Purwokerto (UMP) melalui Kantor Urusan Internasional (KUI) dengan program BIPA (Bahasa Indonesia bagi Penutur Asing) mengajak mahasiswa asingnya untuk belajar di Balai Besar Pembibitan Ternak Unggul Hijauan Pakan Ternak(BBPTU HPT) Sapi Perah Baturaden dalam agenda International Student Excursion Program, belum lama ini.

Koordinator BIPA Novi Haryanti MPd mengatakan, kegiatan bertujuan untuk mengenalkan unit pengelolaan BBPTUHPT  Baturaden kepada mahasiswa asing karena mahasiswa asing juga mengkonsumsi susu sebagai salah satu kebutuhan utama.

Dijelaskan, BPPTUHPT Baturaden adalah unit pengembangan dan penelitian ternak unggul terbesar diindonesia. Kegiatan ini diikuti oleh 14 mahasiswa asing yang berasal dari berbagai Negara.

“Mahasiswa asing disini dikenalkan pada BPPTU yang menjadi tempat terbesar di Indonesia dalam pengembangan dan penelitian bibit ternak unggul, baik sapi perah maupun sapi pedaging,” ungkapnya.

Lebih lanjut Novi mengatakan, disana mahasiswa asing dikenalkan pada proses pengembangbiakan sapi, agar menciptakan bibit sapi yang produktif dan unggul.

“Pengelolaan pakan juga dijelaskan oleh pihak pengelola BPPTU sapi perah Baturaden seperti jenis rumput yang dipilih, usia rumput dan jumlah rumput yang dikonsumsi sapi, karena nutrisi yang terkandung dalam pakan akan mempengaruhi kualitas sapi,” katanya.

Dijelaskan unit pengelolaan BPPTU sapi perah Baturaden memiliki 1300 sapi. Meskipun  sebagian besar sapi adalah sapi import, namun BPPTUHPT Baturaden konsen untuk meningkatkan kualitas sapi lokal dengan proses mengawin silangkan bibit sapi serta memberi pelatihan dan sosialisasi terhadap peternak sapi.

“Disana mahasiswa asing juga mendapatkan informasi proses pengolahan susu dari pemerahan sampai siap dikonsumsi,” pungkasnya.(yud/tgr)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *